Selasa, 19 Agustus 2008

Syirik/Musyrik

Syirik/musyrik adalah perbuatan yang menuhankan sesuatu selain Allah . ini adalah perbuatan hati yang pasti tidak murni untuk beriman kepada Allah SWT, karena yang kita inginkan adalah kemurnian iman.

Ini maksudnya kita tidak boleh menuhankan sesuatu seperti kita sholat untul meminta tahta, harta wanita kata KH Zainuddin MZ bilang. Ini adalah sesuatu yang tidak murni, karena dia sholat untuk minta kerja dan bukan karena Allah SWT. Misalnya ia terus melakukan yang tidak karena Allah terus menerus dikhawatirkan kedepannya menjadi tidak ta’at lagi karena masih ada setitik harapan untuk barangkali meninggalkan sholat. Dia pasti sholat misalnya untuk mendapatkan pekerjaan, tapi misalnya sudah mendapatkan apa yang diharapkannya itu dia jadi males-malesan sholat lagi atau ibadah untuk meraih harapannya itu. Karena yang dititik beratkan adalah mendapatkan kerja. Dan yang barangkali diseramkan disini adalah yang ngasih itu setan, na’udzubillah. Jadi kedepannya jadi ga bener karena setan pasti suka kejelekan karena setan mencari temannya buat di akhirat kelak.
Dan contoh lagi, kita percaya bahwa misalnya kita pakai baju itu kita akan cantik/ ganteng. Itu kita jadi menuhankan sesuatu yang tanpa kita sadari telah menjadi dosa yang menghambat cahaya ilmu masuk kekita. Dan pada akhirnya yang perempuan-perempuan yang menganggap celana pendek dan baju ketat dan lengan yang pendek atau bolong membuatnya cantik, seksi. Barangkali di pandangan manusia cantik tapi dengan Allah wallahu’alam. Berpakaian seperti itu akan menjadi madharat dan akan menimbulkan kejahatan.
Percaya pada pakaian yang membuat kita cantik itu dosa karena memperlihatkan aurat dan percaya musyrik karena hanya kepada Allah SWT yang menjadikan kit cantik/ ganteng. Kan hakikatnya hakikatnya baju yang penting menutupi aurat, bersih, rapih. Dan kita percayakan saja semuanya karena Allah apa yang kita inginkan. Kan kita dilarang mencari kepuasan selain dijjalan Allah SWT. Wallahu’alam.

Tidak ada komentar: